18.8.09

Renungan Merdeka, 64 Tahun

Seorang teman memberikan sms ucapan selamat hari merdeka. Saya pun membalas "siapa yang merdeka? bangsa belum merdeka;
  1. lebih 60% saham ekonomi bangsa ini milik asing (indosat,telkomsel,carefour dll).
  2. tanah bangsa masih di caplok oleh negara lain, bangsa masih diam ayem.
  3. berpendapat masih di belenggu, namanya saja reformasi. Semenjak UU Pencemaran nama baik dan UU IT, rakyat jadi tidak bisa lagi bersuara bebas. apalagi akan disahkan UU Rahasia Negara.
  4. rakyat miskin semakin melarat, beli minyak tanah masih mahal. tempo dulu "antri minyak tanah zaman sekarang antri elpiji".
  5. siaran masih ada di acak, agar orang desa tidak bisa menonton siaran langsung.
  6. rakyat perbatasan lebih kenal negara tetangga dari pada bangsa sendiri.
  7. penegak hukum masih berjalan di tempat, KPK dengan Polri ribut dalam penyergapan.
  8. TKI masih di siksa, pemerintah adem ayem.
  9. Ilmuwan di bunuh (david) pemerintah tidak berkutik.
  10. bangsa masih menerima bantuan untuk pemilu.
  11. bangsa masih ada intervensi dari bangsa lain.
di akhir sms saya menuliskan hanya PNS yang merasakan kenikmatan kemerdekaan. karena memang dia baru lulus PNS karena selain gaji pokok, ada gaji tunjangan, tambah lagi gaji 13. siapa yang tahu saat ini dalam satu tahun ada 13 bulan? nikmatkan PNS. "Astharfirullah" sms balasan dari dia.
Saya pun membalas, kalau sekedar serimoni ya "Merdeka!!" tapi orang yang pernah merasakan kesengsaraan hingga sampai sekarang pasti dia belum ngucapin merdeka. karena memang jelas mereka belum menikmati kemerdekaan. Seorang atlit bulutangkis yang pernah membawa harum nama bangsa ini, berpesan untuk anaknya jangan menjadi seperti ibu bapak ya nak, lebih baik belajar dan membuka usaha. inilah salah satu kisah atlit yang merasakan hampanya perjuangan mereka. belum lagi kisah atlit bola yang menjual mendalinya untuk kehidupan rumah tangga mereka.
teman saya pun, terdiam...dengan balasan oiya. akhiran kata merdeka. bukan pesimis yang saya pikirkan. tapi bukti yang saya nantikan. karena itulah saya tidak menempatkan gambar kemerdekaan karena saya juga belum merasakan kemerdekaan, bukan karena saya minta PNS. tapi jalan saya sudah merasakan, untuk kedepan juga akan semakin berat. pemerintah akan menaikkan harga elpiji isi 12Kg, orang politik berbicara "setelah menang baru kita naikkan" kalau di naikkan sewaktu kampanye dinaikkan tidak akan ada yang memilih. inilah Dark Smile dalam kehidupan.

2 comments:

PNS Go-Blog said...

mang kalu PNS nerima gaji ke-13 artinya dia merdeka brader...? apakah brader tau perhitungan gaji pokok PNS...? apakah brader tau PNS gak dapet tunjangan hari raya...? apakah brader tau, kalu gaji plus tunjangan PNS gak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya...?

dark smile said...

bagi saya merdeka, karena selain gaji 13, ada lagi tunjangan, dana pensiun, sertifikasi (tu Guru). coba liat selain pns? apakah mereka ada jaminan pensiun atau biaya askes? jadi yang menikmati kemerdekaan jelas siapa.

masalah cukup tidak cukup, itu udah lumrah, karena manusia punya nafsu (rasa kurang dan kurang lagi)