12.8.09

Negatif Facebook?

Facebook? jangan di tanya untuk zaman sekarang di Indonesia. dari dewasa hingga anak-anak sekarang sudah kenal dengan namanya facebook. bahkan kehebatannya telah mengalahkan virus babi/H1N1, makanya tidak sedikit orang-orang merasakan ketakutan bila telah mengenal dengan facebook. beberapa kisah yang muncul dari facebook:
  1. Seorang anak berumur 6 tahun berebut blackberry dengan kakaknya, gara-gara ingin membuka facebook. sang kakak merasa dewasa menahan adeknya untuk menunjukkan kakaknya yang berhak membuka facebook, adek nanti saja. sehingga terucap perkataan kasar keluar dari mulut sang adek karena kakak tidak juga ingin berbagi dengan adek.
  2. Satu keluarga pernah saya temukan memegang blackberry, pada awalnya sang ibu mengeluarkan dari tas. kemudian anak perempuannya tidak mau kalah ingin juga membuka facebook, kemudian di susul anak laki-lakinya juga mengeluarkan blackberry untuk membuka facebook. tindakan ini terlaksana dalam antrian sehingga manusia tetangga tidak teropen/tidak berinteraksi.
  3. Seorang anggota di forum web di keluarkan gara-gara pernyataan kasar keluar di facebook miliknya. yang menyindir dan melukai perasaan pendiri forum tersebut. sehingga dengan beberapa dukungan dari forum, anggota ini dikeluarkan secara sepihak karena pernyataanya di facebook.
  4. Atasan memberhentikan layanan internet di perusahaannya, gara-gara karyawannya datang ke kantor hanya untuk mendapatkan internet gratis sekedar membuka facebook. sehinga pekerjaan rutinnya terlantat dan tidak tepat waktu.
  5. Terjadinya komunitas-komunitas yang merasa benar dan berani dalam menampilkan gambar-gambar vulgar. bisa ditemukan pada friendster ada komunitas lesbian yang menampilkan bagian-bagian tubuhnya tanpa malu, maupun tubuhnya temannya. hal ini juga mulai terbentuk dalam facebook.
  6. Tidak semua, data diri kita harus dibaca orang. karena hanya diri kita dan Tuhan yang dapat menjaga isi pribadi sendiri. bila semua harus di publikasikan, jangan marah bila kelemahan kita bisa diketahui orang
Tidak semua baik, yang baik belum tentu juga tidak ada keburukan. tinggal menyikapi apakah saat ini berguna bagi kita dan orang lain. lebih baik berguna untuk orang lain, karena manusia adalah makhluk sosial. yang tidak bisa hidup tanpa orang lain.

2 comments:

Mardi said...

facebook.
aku tiap hari buka facebook, uhuhuhu, soalnya temen-temen kuliah banyak yang pake facebook.

Dark Smile said...

boleh aja...
cuma hati-hati aja dalam posting...
karena banyak dirugikan bila terlalu sering posting....

sebenarnya sih fb sama dengan chating yang diperbaharui....