12.12.11

Wanita Jilbab/Kerudung?

Memakai jilbab/kerudung dalam Islam adalah wajib bagi setiap wanita. Namun untuk saat ini cukup aneh bila wanita terebut memakai jilbab/kerudung pada waktu tertentu saja terutama ketika ia mendapat kasus hukum. wanita ini yang kesehariannya tidak memakai jilbab namun ketika berurusan dengan hukum pada memakai jilbab/kerudung (pakaian tertutup).

Beberapa wanita yang memakai jilbab saat berurusan hukum tersebut adalah :

1. Luna Maya
Terdakwa kasus video mesum dengan pasangannya mendadak mengenakan kerudung setelah di tangkap dan di panggil untuk dimintai keterangannya atas video yang beredar heboh di tengah masyarakat.
2. Yulianis
Salah satu saksi dalam kasus suap Wisma Atlet SEA Games, Yulianis, juga berjilbab dan bercadar. Dia tampil konsisten dengan penampilannya saat menjadi saksi kasus suap Wisma Atlet SEA Games dengan terdakwa Mindo Rosa Manulang, M El Idris dan Wafid Muharam.

Menurut Rosa, Yulianis sebelumnya tak berjilbab dan bercadar. Kuasa hukum Rosa bahkan pernah meminta Yulianis yang saat itu menjadi saksi bersama Fury Oktarina -yang juga berjilbab dan bercadar- untuk melepas cadarnya. Hal itu dilakukan karena Rosa ragu-ragu bahwa saksi tersebut benar-benar Fury dan Yulianis.


3. Melinda Dee
Terdakwa kasus penggelapan dana nasabah Citibank ini mendadak mengenakan kerudung setelah ditangkap karena dugaan penggelapan dana nasabah Citibank. Hanya rambut poni lebat saja yang tak tertutup kerudung. Sebelumnya sosialita yang ditengarai merugikan nasabah Rp 16 miliar ini tak sungkan memamerkan rambut panjang dan mengenakan pakaian yang agak terbuka.

4. Dharnawati
Setelah ditangkap KPK karena dugaan suap di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), Kuasa Direksi PT Alam Jaya Papua, Dharnawati tampil beda. Dia kini mengenakan jubah panjang, jilbab hitam dan bercadar.

5. Imas Dianasari
Hakim ad hock Pengadilan Hubungan Industri (PHI) Bandung, Imas Dianasari, juga mengubah penampilan setelah menjadi tersangka dugaan uang suap Rp 200 juta dari Manajer PT Onamba, Odi Juanda. Dia selalu tampil dengan jilbab di kepalanya, padahal sebelumnya Imas selalu memimpin persidangan tanpa jilbab.

6. Nunun Nurbaetie
Dulu, dalam beberapa kesempatan Nunun memang tampil berkerudung dengan sembulan sebagian rambut depannya. Namun saat ditangkap dan dibawa pulang ke Indonesia oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nunun yang terlibat kasus cek pelawat pemilihan DGS BI, mengenakan kerudung dan masker.

Pakaian seksi/tidak berkerudung yang biasa akrab di tubuh mereka mendadak berganti dengan pakaian tertutup dan kerudung di kepala.

Bagi beberapa orang, kerudung maupun jilbab kini tak lagi simbol religius. Alih-alih untuk menjalankan syariah Islam, kerudung kini digunakan untuk menyembunyikan wajah dari sorot mata publik.

No comments: