19.5.09

Ilmu Komputer di Sekolah

Karena tuntutan perkembangan zaman teknologi, maka di adakanlah pendidikan komputer tiap-tiap sekolah. ilmu tentang komputerpun dimasukkan dalam kurikulum pendidikan di Indonesia.
Namun, pencanangan ilmu komputer di dunia pendidikan Indonesia tidak di imbangi dengan prasarana yang memadai di tiap-tiap sekolah. padahal ilmu komputer ini yang dikenal dengan mata pelajaran "Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)" sudah lama di terapkan di tiap-tiap sekolah seluruh Indonesia. adapun kendala ilmu TIK pada dunia pendidikan adalah :
1. Tidak semua sekolah memiliki komputer, apalagi lab komputer.
2. Tidak ada listrik masuk ke sekolah, sehingga bantuan komputer tiap sekolah sering tidak terpakai atau di bawa pulang oleh kepala sekolah.
3. Standar pembangunan gedung lokal tidak diwajibkan adanya listrik, sehingga guru yang memiliki komputer tidak bisa mempraktekkan di lokal.
4. Kurikulum TIK tidak sesuai dengan kebutuhan tiap daerah dan desa, sehingga komputer hasil swadaya masyarakat tidak lagi kebutuhan kurikulum.
5. Pelajaran yang diajarkan tidak sesuai dengan olimpiade sains TIK, sehingga ketika ada olimpiade. siswa bingung dengan soal karena tidak sesuai dengan yang diajarkan di sekolah.
6. Kurikulum TIK sudah ada Internet dan Jaringan. Tapi di daerah-daerah dan desa-desa Indonesia belum semua ada jaringan internet.
7. Masih adanya perbedaan dalam bantuan sekolah negeri dengan swasta, unggul dan tidak unggul.
inilah persoalan-persolaan TIK di sekolah, terutama di desa-desa Indonesia yang perlu perhatian dari Pemerintah dan Dinas Pendidikan tiap-tiap daerah. salah satu lab komputer yang sudah tutup di Sekolah Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gunung Meriah Aceh Singkil. komputernya di gudangkan karena komputer dari swadaya masyarakat sudah tidak layak dipakai lagi karena menggunakan pentium II sedangkan materi yang diajarkan telah pentium IV. dan adanya beberapa perangkat keras yang rusa sehingga dari 10 unit tinggal 4 unit yang dipaksakan untuk hidup dan digudangkan sekarang.
MOHON PERHATIAN DARI PEMERINTAH........

1 comment:

pameran komputer said...

pendidikan komputer diajarkan sejak dini..karena kehidupan sehari-hari kita sudah tidak dapat dipisahkan dari komputer.