14.5.09

Desa Pandan Sari

Desa Pandan Sari tidak hanya berada di Kec. Simpang Kanan di Aceh Singkil, namun Desa Pandan Sari juga ada berada di Kec. Gunung Meriah. hal ini baru diketahui bagi saya pada tanggal 13 Mai 2009 pada pukul 15.13 WIB dengan membawa rombongan Ibu Camat Gunung Meriah untuk menghadiri Pengajian MGMP yang mana saat itu berada di Desa Pandan Sari. Secara denah lokasi desa ini belum terkenal dan tidak terduga bahwasannya di balik kebun sawit milik PT. Socfindo ternyata ada terdapat sebuah desa yang bernama Pandan Sari. dan untuk menempuh desa tersebut ada dua jalan yang dapat dilalui. Jalan pertama melalui perkebunan sawit dari Blok 31(Desa Senah), dan jalan kedua melalui Desa Suka Makmur.
Pada hari Rabu tanggal 13/5, rombongan melalui jalan perkebunan. karena jalan dari Desa Suka Makmur sedang ada perbaikan jalan dan banyak mobil yang sangkut akibat tertanam roda. Melalui jalan perkebunan sawit adalah pilihan akhir karena memang tidak ada jalan lain, dan waktu itu cuaca di Gunung Meriah sedang hujan. Untuk mencapai desa tersebut, mobil yang di gunakan beberakali berjalan terpeleset dengan kondisi jalan yang licin dan berlumpur dengan jenis tanah yang merah. Dan pertengahan jalan akhirnya mobil terpeleset dan tertanam di lumpur yang tidak memungkinkan lagi untuk di tumpangi.
Mengingat acara sudah dimulai, desa pun sudah kelihatan akhirnya Ibu Camat beserta rombongan berjalan kaki dengan kondisi tanah yang berlumpur meninggalkan mobil yang terperosok dan mengharap bantuan. akhirnya bantuan datang dari pemuda-pemuda Desa Pandan Sari, mobil akhirnya berhasil diangkat dari lumpur. pulangnya pun melalui jalan yang sama dan bantuan warga 2x ketika jalan pulang untuk mendorong mobil yang sangkut. Menempuh jalan Desa Pandan Sari tidak akan terasa sulit bila keadaan cuaca tidak hujan, dan inilah pengenalan rombongan kepada desa yang tersembunyi di balik perkebunan sawit.

No comments: