26.7.11

Home Industry

Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat dilihat dari perkembangan ekonomi rakyatnya, salah satunya makin banyak produksi-produksi rumah tangga ( home industry ). Namun pertumbuhan ekonomi di beberapa daerah Indonesia bukanlah dari hasil sendiri, melainkan dari lahirnya pertumbuhan tersebut karena situasi yang menciptakannya. salah satunya adalah makin banyaknya penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium di rumah-rumah rakyat.

Home industry ini tercipta karena situasi mudahnya mendapatkan minyak dari SPBU melalui jerigen dan puluhan liter. setelah di dapat dilanjutkan untuk mengecer minyak tersebut di depan rumah masing-masing. ketika minyak jenis premium ini habis di SPBU, maka harnya yang ditetapkan tingkat pengecer ini semakin tinggi sesuai dengan kelangkaan di SPBU. dari tiap-tiap daerah di Indonesia ada yang menjual mulai dari harga Rp.8,000/liter hingga mencapai Rp. 10,000/liter.

Berikut beberapa jualan minyak di semakin ramai :
ada lagi :
Lemahnya pengawasan dan sanksi bagi SPBU yang melanggar aturan untuk tidak penjualan minyak ke pengecer (jerigen) membuat kelangkaan minyak di pasaran karena semakin cepat habis. kelangkaan yang terjadi menyebabkan inflasi di tengah masyarakat. karena lemahnya dan keuntungan yang di dapatkan oleh pengecer yang cukup banyak menjadikan usaha penjualan minyak pengecer ini semakin banyak. hampir jarak antar rumah saat ini telah menjual minyak sehingga tercipta home industry.

No comments: