26.2.10

Sosialisasi UN di Aceh Singkil

Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Singkil melaksanakan sosialisasi UN pada tanggal 25 Pebruari 2010 di Aula Dinas Pendidikan Kota Singkil. Semua utusan sekolah turut menghadiri (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK).  Sosialisasi UN pada tahun ini dikarenakan adanya perubahan terhadap kelulusan siswa, dan antisipasi dari UN yang selama ini menjadi momok ketakutan dari siswa.

Kelulusan tahun ini tidak seutuhnya berdasarkan nilai saja, yaitu 5,50. Melainkan ada tiga komponen yang harus diikuti tiap siswa. Atau bisa dikatakan tahun ini hanya 25% dari pusat yang menentukan, yang 75% dari daerah/sekolah-sekolah masing yang menentukan. Adapun dasar kelulusan tersebut adalah :
  • Mengikuti seluruh program sekolah.
  • Prilaku/akhlaq siswa
  • Praktek yang di sekolah
  • Nilai standar pemerintah
Empat poin tersebutlah yang menentukan siswa lulus atau tidaknya di tahun sekarang. Bila siswa yang tidak lulus atau ragu akan nilai yang tidak memenuhi standar masih bisa ujian ulangan atau susulan. Nilainya akan di ambil nilai yang terbaik dari ujian yang diikuti. Bila siswa mengikuti ujian pada hari H-nya, dan merasa/tidak lulus maka dapat mengikuti ujian lagi. bila hasil pengulangan lebih baik maka akan mendapatkan nilai yang baik tersebut. Namun yang tertera di nilai SKHU selain ada angka nilai juga ada tanda bintang.
contoh :
Nilai Ujian hari H           : 4,10
Nilai Ujian ulangan         : 6,75
   maka di ambil nilai yang pengulangan dengan penulisan di SKHU : 6,75*
ada tanda bintang (*). 

No comments: