3.1.13

Motor Bebek Modifikasi Tangki

SPBU di daerahku Desa Rimo Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil sering tutup karena kehabisan bensin.
SPBU hanya bertahan satu hari satu malam, bertahan dua hari sudah tergolong mantab.
SPBU tersebut sering cepat habis dikarenakan mengizinkan pengisian minyak kepada pengecer yang memakai jerigen maupun modifikasi tangki motor. seperti gambar dibawah ini :


Terlihat dengan jelas tangki motor ini tidak lagi wajar, kalau dipergunakan pemiliknya untuk perjalanan jauh masih di maklumi. tapi motor yang seperti di daerahku bolak balik ke SPBU untuk mengisi minyak jenis premium. motor yang sejenis dalam modifikasi ini tidak cuma satu, melainkan ada beberapa motor. sehingga dapat mengisi minyak lebih minyak untuk di suling dan di jual kembali dalam eceran yang akhirnya SPBU lebih cepat kehabisan stock.

Motor ini di modifikasi tangki yang lebih panjang dan lebar. mulai dari tiang stang hingga ke bawah tempat duduk. sehingga setiap pengisian tangkinya bisa membayar lebih dari Rp.60,000,-an.

SPBU juga menerima pengisian jerigen yang berulang-ulang sehingga menyebabkan antri yang panjang. SPBU ini juga seperti terlepas dari sanksi pihak Pertamina. karena aksi pengisian jerigen yang sudah dilarang tetap berlangsung hingga saat ini. pengisian tangki modifikasi maupun jerigen memang mengungtungkan pihak SPBU karena setiap pengisian mendapatkan dana tambahan dari pembeli.

Pihak berwajib juga seperti tidak memperdulikan aksi modifikasi motor yang berlebihan ini.


No comments: