19.1.12

Fino, New Matic Yamaha

Tahun 2012 Pihak Yamaha Indonesia akan mengeluarkan produk matic model terbaru untuk mengikuti/membayangi pesaing utamanya dari Honda. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) secara diam-diam meluncurkan sebuah skuter matik (skutik) retro bernama Yamaha Fino untuk bersaing dengan Scoopy, Honda.

Perbedaan dari pesaingnya sesama matic retro adalah pihak Yamaha Fino hadir dalam 3 varian/ tipe . Ada Fashion, Sport dan Retro sehingga cocok dengan kebutuhan anda sebagai idola motor Yamaha. Yamaha juga sengaja memperbanyak pilihan varian dan warna. Ini bisa menjadi salah satu keunggulan Mio Fino dibandingkan Scoopy yang pilihan warnanya lebih terbatas.

Adapun perbedan warna tersebut adalah:
  1. Varian fashion hadir dengan warna lembut. Motif stripingnya juga tidak terlalu glamor. Pas untuk bikers kalem.Motif bintang-bintangnya dipadu dengan beberapa pilihan warna. Sedikitnya ada pink lembut dan hijau tosca. 
  2. Varian sport, sesuai namanya tampilan Fino yang ini lebih sangar. Peleknya hitam, dengan pilihan warna paduan putih-biru, putih-merah dan hitam-merah.
  3. Varian retro. Paling klasik dengan striping dominan putih dan warna dasar beraura metalik. Agar makin retro, kulit jok juga dibalut warna cokelat dan punya emblem logam di bagian bodi sampingnya. Asik nih buat pecinta motor tua.
Bicara soal mesin, Kalau Honda Scoopy mengambil mesin BeAt,  Mesin Fino diambil dari Mio. Satu silinder SOHC pendingin udara dengan kapasitas bersih 113,7 cc. Transmisi tetap CVT V-Belt. Kelebihannya mudah dimodifikasi sesuai kemauan pengguna skubek Thailand. Suara CVT tidak berisik dibanding skubek kompetitor lain. Yamaha juga mendesain knalpot bersuara lembut. Kalau dikendarai, Fino paling adem atau paling sunyi.Lebih menarik lagi, karburator menggunakan Keihin NCV24. Konsumsi bensin lebih irit 10% dibanding Mio. Yamaha mengklaim Fino lebih ramah lingkungan. Tidak berisik dan rendah emisi.


No comments: