26.6.10

Hindari Ajaran Buruk pada Anak-Anak

anak-anak selain memliki sifat yang lucu juga memiliki sifat yang mudah menerima apa adanya, sehingga belum bisa membedakan tindakannya apakah baik, salah, atau buruk baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang-orang yang berada di sekelilingnya. oleh karena itu mulailah hindari sifat atau tindakan-tindakan yang akan di terapkan oleh anak-anak kepada lingkungannya, yaitu :
  1. Matrialistik, jangan ajarkan anak-anak untuk menerima imbalan setelah melakukan penolongan. melainkan sifat menolong tampa pamrih.
  2. Meyumpah, tindakan yang dianggap sepele seperti menyumpah tidaklah layak untuk usia dini, karena menyumpah bukan hal yang mudah di ucapkan begitu saja.
  3. Membantah, sifat anak yang satu ini baik secara terang-terangan juga dapat dilakukan secara diam-diam oleh anak-anak. misalnya dengan mata yang melotot juga merupakan sifat membantah, alangkah baiknya anak tersebut di sapa dengan baik agar tidak menjadi kebiasaan untuk membantah.
  4. Mengejek, sifat ini bila terus dipelihara oleh anak-anak maka pergaulannya akan sedikit. karena banyak yang membencinya.
  5. Mengigit
  6. Tidak mendengarkan, tegurlah anak bila tidak mendengarkan ucapan dengan baik. karena prilaku cuek akan memberikan efek anak-anak tidak akan peka terhadap masukan pada dirinya.
  7. Ingin menang sendiri
  8. Bertindak dengan sendiri, alangkah baiknya anak di ajarkan bahwa manusia adalah makhluk sosial dan tidak dapat hidup dengan sendiri-sendiri.

No comments: